Mengapa Game Minecraft Dilarang Di Turki ? Ternyata Ini Penyebabnya

Mengapa Game Minecraft Dilarang Di Turki ? Ternyata Ini Penyebabnya


Para gamers tentu sudah tahu apa itu game Minecraft. Sebab Minecraft merupakan salah satu game popular yang memilki cukup banyak penggemar. Game Minecraft ini biasa dimainkan oleh semua kalangan. Menurut Microsoft selaku pemilik hak dagang game Minecraft , game Minecraft ini bahkan bisa dimainkan oleh segala umur, boleh tua ataupun anak-anak tanpa batas. 
Oleh kreatornya, dalam Gameplay Minecraft ini para pemain dapat dengan bebas melakukan kreasi dengan menggunakan semua alat yang disediakan dalam game ini. 

Namun kabar terakhir menyebutkan bahwa otoritas di Negara Turki ternyata telah melarang peredaran game Minecraft ini di negara tersebut. Langkah ini diambil menyusul beberapa kasus pelarangan beberapa game untuk beredar di beberapa Negara. 

Mengapa game MInecraft yang popular ini malah dilarang di Turki

penyebab dilarangnya game minecraft

Sebagaimana dikutip dari laman Game Focus, pernyataan tentang dampak keberadaan game Minecraft yang merupakan buatan developer Mojang ini, dilontarkan oleh Menteri Keluarga dan Kebijakan Sosial, Aysenur Islam,. 
Pada salah satu situs Turki yang bernama Haberturk, mengungkap bahwa Menteri Keluarga dan Kebijakan Sosial Turki ini tidak menyetujui konsep yang terdapat dalam game Minecraft. 
Menurut Aysenur, game MInecraft ini terlalu brutal dan terlalu riskan untuk dimainkan oleh anak-anak. Aysnur mengungkapkan : 
"Kami akan menyelidiki isi dari game Minecraft ini, dan jika memang benar ditemukan adanya unsur kekerasan, maka kami akan segera menghentikan peredaran game ini." 
Pada pernyataan Aysenur selanjutnya, ia juga menambahkan bahwa game Minecraft ini ini memiliki promosi agresivitas dan bahkan 'menyelundupkan' pesan kekerasan terhadap kaum wanita. 

Atas pernyataan pelarangan open world untuk beredar di turki ini, pihak Microsoft bereaksi cepat dan langsung memberikan pernyataan angkat bicara. terhadap tindakan yang akan dilakukan Turki terhadap game fenomenalnya tersebut. 

Menurut pihak Microsoft game Minecraft – yang merupakan salah satu game fenomenalnya merupakan game play yang bisa oleh berbagai umur dan lapisan . 
Pihak Microsoft mengatakan : "Kami bahkan memiliki pesan moral agar pemain bisa belajar untuk bekerja sama untuk membangun dan berpetualang." 
Lebih lanjut , Microsoft juga langsung mengambil jalan tengah agar para gamers pecinta game ini di negara Turki tetap bisa memainkan game Minecraft ini . 

Langkah yang diambil Microsoft adalah dengan memberi opsi kepada Gamer untuk tetap bisa main Minecraft dengan cara mengakses Creative Mode atau mengaktifkan pengaturan `Peaceful` untuk mencegah munculnya para monster agar tidak terjadi pertarungan di dunia Minecraft. 

Jangan ketinggalan simak juga : 

Share this:

Disqus Comments