Cara Bermain Checker ( Permainan Dam ) Dan Trik Untuk Memenangkannya

Cara Bermain Checker ( Permainan Dam ) Dan Trik Untuk Memenangkannya


Pada abad ke 12 ada sebuah permainan yang dinamakan dengan checker atau permainan dam. Permainan checker ini selain mudah dimainkan juga sangat mengasyikkan. 
Karena itu meski permainan dam ini sudah ada sejak lama, hingga saat ini permainan ini masih tetap disukai dan sering dimainkan. 
Prinsip dasar dari permainan checker ini sangat sederhana. Pemain dinyatakan menang jika berhasil menangkap dan menyingkirkan semua pion lawan dari papan permainan. 

Berikut cara memainkan permainan dam ini serta bagaimana cara memenangkannya

● Papan permaian dam persis permainan papan catur. 
Terdiri 64 kotak. 32 kotak berwarna gelap atau hitam , 32 kotak berwarna terang atau putih. 

● Tentukan siapa yang akan bermain pertama. 
Biasanya pemain dengan pion berwarna hitamlah yang akan memulai permainan. 

● Tempatkan dan atur pion sesuai baris yang ditempati. 
Masing-masing pemain menempati 3 baris kotak. Sehingga nantinya akan tersisa dua baris kosong di tengah papan permainan. 
Seperti ini : 

cara bermain dam

● Untuk memulai permainan dam. 

- Pion hanya boleh bergerak maju, dan tidak boleh bergerak mundur, sehingga arah gerakannya selalu ke arah pion lawan 

- Arah gerakan Pion hanya secara diagonal 

- Pion hanya boleh bergerak 1 kali untuk pergerakan yang tidak menangkap pion lawan. 

● Melompati dan menangkap pion lawan

- Pemain dapat melompati pion lawan, yaitu bergerak untuk menangkap pion lawan 

- Jika pion hanya berjarak satu kotak diagonal di depan pion lawan, pemain tetap akan bergerak maju untuk menangkap pion tersebut. 

- Untuk menangkap pion lawan, bergeraklah 2 kotak secara diagonal dan melompati pion lawan. 

- Setelah menangkap pion lawan, pemain dapat menyingkirkan pion lawan dari papan permainan. 

- Jika ada kesempatan melompati beberapa pion lawan di papan permainan, pemain boleh memilih pion mana akan dilompati. 

- Meski pemain berhasil melompati sebuah pion lawan, namun tetap hanya boleh bergerak maju 1 kali. Kecuali jika setelah mendarat di posisi yang baru, terdapat kesempatan untuk menangkap pion lawan yang lainnya, maka pemain boleh terus melanjutkan melompatinya hingga tidak dapat melompati lagi pion lawan yang lainnya. 

● Trik Memenangkan Permainan Dam 

- Kunci utama untuk memenangkan permainan adalah dengan terus berusaha melompati pion-pion lawan hingga mereka semua disingkirkan dari papan permainan. 

- Cara lainnya untuk memenangkan permainan adalah dengan membuat semua pion lawan terhalang dan tidak dapat bergerak lagi. Atau juga dengan membuat pion yang masih tersisa di papan permainan berhasil kembali ke baris awal. 

- Pelajari strategi lawan 

- Jika memang harus bertahan jangan melakukannya secara berlebihan. Sebab pertahahan yang terbaik adalah dengan menyerang 

- Jadikan pion-pion sebagai raja ketika mereka mencapai bagian baris paling belakang dari papan permainan lawan. 

- Untuk menjadikan pion sebagai raja, cukup dengan meletakkan salah satu pion yang berhasil ditangkap ke atas pion tersebut, sehingga pion tersebut mudah dibedakan dengan yang lainnya karena terlihat lebih tinggi. 

- Raja tetap hanya dapat bergerak pada kotak-kotak berwarna hitam, namun dapat bergerak maju dan mundur, sehingga raja lebih mudah dalam menangkap pion lawan. 

- Pion-pion yang menjadi raja tetap hanya boleh bergerak satu kotak diagonal pada pergerakan yang tidak menangkap pion lawan. Namun jika raja berhasil menangkap pion lawan, baru boleh bergerak maju dan mundur pada giliran yang sama. 

- Tidak ada batasan berapa jumlah raja yang dapat dimiliki. 

- Jangan menggerakkan pion sendirian di garis depan karena akan mudah ditangkap , tetapi buatlah menjadi berkelompok, seperti sebuah pasukan yang maju bersama-sama. 

- Usahakan pion-pion yang berada di barisan paling belakang tetap berada pada posisi awalnya selama mungkin. Langkah ini merupakan cara yang terbaik untuk mencegah pion awan menjadi raja, serta untuk menangkap pion lawan yang behasil mendekati barisan belakang. 

- Saat dirasa sedang unggul atau seimbang, jangan ragu mengorbankan pion untuk bisa mendapatkan posisi yang lebih baik atau untuk bisa mendapatkan pion lawan dalam jumlah yang lebih banyak pada langkah selanjutnya. 

- Usahakan agar raja tidak tertangkap oleh lawan. Sebab sebuah Raja jauh lebih berharga dibanding pion biasa. 

- Selalu prioritaskan untuk dapat menjadikan pion sebagai raja. 

Lihat juga : 

Share this:

Disqus Comments